Donasi Truk Air & Tandon di Desa Sambiharjo, Parang Gupito, Wonogiri

Bismillah..
Ahad, 28 Juli 2019
Alhamdulillah, Al-Islam Media menyerahkan donasi air bersih di wilayah minim air bersih desa Sambiharjo, Parang Gupito, Wonogiri.
Desa sambiharjo terdiri dari 11 dusun, 5 diantaranya darurat air bersih, yaitu Dusun Blimbling, Jeruk Wangi, Ngelo, Pakis, dan Joho. Selama ini, warga hanya mengandalkan bantuan. Sebab, ekonomi mereka tahun ini sangat buruk dikarenakan mengalami gagal panen.

Tim AlislamMedia menemui Bp. PArmo (Kepala Desa Sambiharjo)


Sebagian warga terpaksa mandi menggunakan air keruh yang ada di bak penampungan yang dibangun oleh pemerintah setempat sebagai tempat menampung air saat turun hujan. Air keruh tersebut bukan hanya dipakai warga untuk mandi, namun juga untuk keperluan yang lain seperti mencuci baju, piring, dll. Dan, kini persediaan di bak penampungan air tersebut kian menipis.Air bersih yang selama ini diandalkan untuk menyuplai kebutuhan air bersih warga desa sambiharjo adalah dari sumber air di daerah Giri Belah, Giritontro. Jarak dari sumber air ini sampai ke dusun-dusun krisis air di wilayah sambiharjo ditempuh selama 30 menit sampai 60 menit.

Kondisi Bak Penampungan Air yang digunakan warga Desa Sambiharjo untuk keperluan sehari-hari


Warga yang masih memiliki simpanan berupa uang atau ternak dan perhiasan, dapat memperoleh air dengan membeli dari tangki air bersih dengan harga mulai Rp. 100.000 – 200.000. Harga air menyesuaikan jarak tempuh dari sumber air. Sedangkan warga yang miskin, maka hanya mengandalkan bantuan air bersih untuk mencukupi kebutuhan minum dan memasak makanan mereka. Mereka terpaksa ekstra hemat dalam penggunaan air bersih, bahkan mandi hanya satu kali dalam sehari yaitu di hanya di sore hari.

Truk Air yang kelak akan digunakan warga desa untuk mengambil air dari sumber air terdekat


Dengan kondisi krisis air dan gagal panen ini, warga mengharapkan adanya bantuan berupa truk tangki air. Keberadaan truk tangki sangat membantu warga untuk memenuhi kebutuhan air bersih, sebab air akan dapat diperoleh dengan harga lebih murah daripada beli dari truk tanki milik para pebisnis air. Lebih murah karena mereka cukup mengeluarkan dana untuk operasional dan perawatan mobil tangki.

Wawancara AlislamMedia dengan Bp. Parmo (Kepala Desa Sambiharjo)

“Kalau ada bantuan berupa truk tangki, maka kami sangat terbantu dengannya terutama di musim larang pangan akibat gagal panen ini. Dan kami berharap, truk tersebut segera diambil lagi saat memasuki musim hujan supaya tidak menimbulkan fitnah kepada kami. Jadi, kami cukup dibantu dengan truk tangki selama musim kemarau.” Ungkap kepala Desa sambiharjo kepada Kru Al-Islam Media.

Dari mobil tangki air bersih ditampung di tandon untuk digunakan warga


Bantuan juga bisa berupa tandon air dengan kapasitas 5000 – 8000 liter yang diletakkan di dusun yang masih kekurangan tempat menampung bantuan air bersih.
Demikian hasil survei lapangan kru Al-Islam Media di wilayah Desa Sambiharjo, Parang Gupito.
(Aa Fillah Yusuf Rahmatullah)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *