Physical Address

304 North Cardinal St.
Dorchester Center, MA 02124

Pengertian Isti'adzah

Pengertian Isti’adzah, Lafal Bacaan Doa , Faedah dan Hukum Membaca Isti’adzah

Memahami Isti’adzah – Isti’adzah sering dibaca oleh umat muslim ketika hendak membaca alquran . Namun banyak dari umat islam belum mengerti makna mendalam daripada bacaan isti’adzah. Pada kali ini ini saya akan membahas tentang apa itu isti’adzah, lafal-lafal bacaan isti’adzah dan bagaimana hukum membacanya nya.

Untuk anda yang ingin mempelajari tentang isti’adzah maka silahkan membaca artikel ini sampai akhir agar anda memahami bacaan isti’adzah berdasarkan keterangan para ulama.

Pengertian Isti’adzah Adalah

Untuk menerangkan isti’adzah maka perlu diketahui makna lughowi dan juga makna istilahi dari kata tersebut. Pengertian isti’adzah menurut bahasa adalah memohon perlindungan pemeliharaan dan penjagaan. Adapun pengertian isti’adzah menurut istilah adalah sebuah lafal yang dimaksudkan seorang qori alquran atau pembaca alquran untuk meminta pemeliharaan dan perlindungan Allah dari kejahatan setan. 

Dua pengertian di atas sebagaimana dicantumkan di dalam kitab ghoyatul murid fi ilmi tajwid dan kitab Al Idha`ah fi bayani Ushulil Qira`ah.

Artinya seorang qori yang membaca isti’adzah ketika hendak membaca ayat ayat alquran , maka dia sedang meminta perlindungan Allah dari segala gangguan dan kejahatan setan.

Pengertian Isti'adzah
Pengertian Isti’adzah adalah

Lafal-lafal Bacaan Doa Isti’adzah 

Dalam kitab panduan tahsin tilawah alquran dan ilmu tajwid DR.H ahmad annuri MA, menuliskan macam-macam lafal bacaan isti’adzah. 

  • A’udzubillahi minasyaitonirrojim

Artinya aku berlindung kepada allah subhanahu wa ta’ala dari setan yang terkutuk

  • A’udzubillahi sami’il alim minas syaiton nirojim

Artinya aku berlindung kepada allah subhanahu wa ta’ala yang maha mendengar dan maha melihat dari godaan setan yang terkutuk

  • A’udzubillahi minasyaitonirrojim innallaha huwa samiull alim

Aku berlindung kepada allah dari godaan setan yang tertutup, sesungguhnya dia allah maha mendengar lagi maha mengetahui

  • A’udzubillahiladhim wa biwajhilhil karimi wa sultonihil qodiimi minasyaitonirrojim

Artinya aku berlindung kepada allah yang maha agung dan kepada wajahnya yang Maha mulia serta kerajaannya yang maha qodim dari godaan setan yang terkutuk.

Syekh sofwan dawudi menerangkan bahwa merupakan doa dalam bentuk kabar. Lafadz isti’adzah yang disepakati berdasarkan riwayat imam al bukhari dan imam muslim adalah lafal isti’adzah yang pertama yaitu itu billahi minas syaiton nirojim. 

Faedah faedah Membaca Isti’adzah

Ketika seorang membaca isti’adzah ketika hendak membaca alquran itu akan dapat menjauhkan dari rasa was-was dan godaan setan. Dibacanya lafal isti’adzah agar pembaca alquran atau qori alquran mentadaburi, memahami dan khusuk dalam membacanya.

Terdapat sebuah perkataan yang bagus dari imam ibnul jazari tentang membaca isti’adzah ini. Berikut ini arti daripada perkataan beliau:

Sesungguhnya membaca isti’adzah berfungsi sebagai pencuci mulut dari perkataan yang kotor dan sia-sia yang telah dia lakukan, disamping membaca istiadzah sebagai persiapan sebelum membaca alquran. Isti’adzah merupakan permohonan perlindungan kepada allah dari kesalahan sewaktu membaca alquran serta pengakuan terhadap kekuasaannya, mengingat ketidakmampuan seorang hamba dalam menghadapi musuh yang tersembunyi yaitu setan. Tidak ada yang sanggup untuk mencegah musuh atau setan itu kecuali allah Rabb yang menciptakannya.

Itulah beberapa faedah dan manfaat membaca isti’adzah sebelum membaca atau tilawatil quran bagi seorang hamba allah.

Hukum Membaca Isti’adzah Sebelum Membaca Al Quran dalam Islam

Ada dua pendapat ulama mengenai hukum membaca isti’adzah. yang pertama  Hukum membaca isti’adzah adalah sunnah. Kedua , hukum membaca isti’adzah adalah wajib. Untuk ulama yang berpendapat bahwa hukum membaca isti’adzah adalah adalah wajib berdasarkan ayat alquran dalam surat an nahl ayat 98 yaitu:

Faidza qoro’tal qurana fasta’idz billahi minasyaitonirrojim

Artinya apabila kamu membaca alquran maka berlindunglah kepada allah dari setan terkutuk.

Itulah pembahasan tentang isti’adzah mulai dari pengertian isti’adzah, bacaan-bacaan isti’adzah serta hukum membaca isti’adzah sebelum membaca alquran dalam islam. Semoga tulisan yang singkat ini ini dapat membantu anda memahami bacaan isti’adzah assalamualaikum warahmatullah wabarakatuh.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *