10 Sunnah Puasa : Amalan Sunnah & Adab di Dalam Puasa

Sunnah Puasa – Membahas syariat Islam sangat menyenangkan. Sebab, akan menambah ilmu bagi kita semua. Walaupun kita mempelajari ilmu syariat Islam secara mendalam, maka uniknya, ilmu syariat islam tidak akan habis, bahkan terus berkembang.

Walau pun belajar dari sejak kecil maka tidak layak kita merasa cukup dan berhenti Ketika kita sudah dewasa. Karena yang dulu kita belajar dasar-dasar syariat islam, kini saatnya mendalami ilmu syariat beserta pendapat ulamanya, dan seterusnya.

Contohnya adalah puasa. Bila kita mempelajari secara mendalam maka cukup luas ilmu puasa ini. Mulai dari rukun puasa, sunnah puasa, pembatal puasa, dan perkataan ulama dalam puasa beserta dalil-dalinya. Namun kali ini, kita akan membahas tentang adab dan sunnah puasa. Berikut ini ulasannya:

sunnah puasa

amalan sunnah puasa

1.      Melaksanakan Sahur di Akhir Waktunya

Bersahur ketika puasa merupakan sunnah Rasulullah SAW. Walaupun seseorang hanya bersahur sedikit atau hanya dengan seteguk air. Dan disunnahkan juga untuk bersahur di akhir waktu, apabila tahu betul tentang waktu fajar. Hal ini sebagaimana sabda Rasullah SAW berikut:

Dalil Untuk Melaksanakan Sahur

 تسحروا فإن في السَّحور بركة. رواه البخارى و مسلم

Sahurlah Kalian, Maka Sesungguhnya di dalam Sahur terdapat Barakah.

 وخبر الحاكم في صحيحه: استعينوا بطعام السحر على صيام النهار، وبقيلولة النهار على قيام الليل

Bantulah dengan makan sahur untuk puasa di siang hari, dan bantulah dengan tidur qailulah untuk melaksanakan qiyamul lail.

 وخبر أحمد رحمه الله : السحور بركة، فلا تدَعوه، ولو أن يجرع أحدكم جرعة ماء، فإن الله وملائكته يصلون على المتسحرين

Sahur itu ada barakah, maka janganlah kalian meninggalkannya, walaupun salah seorang dari kalian minum seteguk air, maka sesungguhnya Allah dan Malaikat Nya mendoakan untuk orang-orang yang bersahur.

Dalil Untuk Melakukan Sahur di Akhir Waktu

Sunnah melakukan sahur di akhir waktunya itu atas dasar hadits berikut :

.فلحديث الطبراني:  ثلاث من أخلاق المرسلين: تعجيل الإفطار، وتأخير السحور، ووضع اليمين على الشمال في الصلاة

3 hal dari akhlaq para rasul: menyegerakan buka puasa, mengakhirkan sahur, dan menaruh tangan kanan di atas tangan kiri dalam shalat.

 ولخبر الإمام أحمد:  لا تزال أمتي بخير ما عجلوا الفطر وأخروا السحور 

Dan tidak henti-hentinya umatku dalam kebaikan selama mereka menyegerakan buka puasa dan mengakhirkan sahur.

تَسَحَّرْنَا مَعَ رَسُولِ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- ثُمَّ قُمْنَا إِلَى الصَّلاَةِ. قُلْتُ كَمْ كَانَ قَدْرُ مَا بَيْنَهُمَا قَالَ خَمْسِينَ

Kami sahur bersama Rasulullah SAW kemudia kami melaksanakan sholat. Aku bertanya: berapa jarak antara sahur dengan adzan subuh kalian? Dia menjawab: sekitar membaca 50 ayat.

2.      Menyegerakan Buka Puasa

Disunnahkan menyegerakan berbuka puasa Ketika telah masuk waktu maghrib. Dan melakukan iftar sebelum sholat maghrib. Ketika melakukan buka puasa hendaknya dengan ruthob, kurma, sesuatu yang manis, atau air. Dan bilangannya ganjil yaitu 3 atau lebih.

«لا يزال الناس بخير ما عجلوا الفطر»

artinya: Tidak henti-hentinya manusia dalam kebaikan selama mereka menygerakan buka puasa. Adapun keterangan syeikh wahbah zuhaili seperti berikut:

والفطر قبل الصلاة أفضل، لفعله صلّى الله عليه وسلم  . وكونه وتراً، لخبر أنس:  كان رسول الله صلّى الله عليه وسلم يفطر على رُطَبات قبل أن يصلي، فإن لم تكن رطبات فتَمَرات، فإن لم تكن تمرات، حَسَا حَسَوات من ماء 

Berbuka sebelum melaksanakan Sholat maghrib itu lebih afdhal (utama), karena mengikuti perilaku rasulullah berikut: Adalah Rasulullah SAW berbukan puasa dengan beberapa rutob sebelum sholat, maka jika beliau tidak ada rutob maka beliau berbuka dengan  beberapa tamr, maka jika tidak ada tamr, Rasulullah minum air.

3.      Berdoa Ketika Buka Puasa

Merupakan hal yang disunnahkan adalah berdoa Ketika berbuka puasa. Karena Ketika berbukan puasa itu merupakan salah satu waktu diijabahinya doa. Berikut ini doa ma’tsur yang tercantum dalam kitab al-fiqhul islami wa adillatuhu

اللهم إني لك صمت، وعلى رزقك أفطرت، وعليك توكلت، وبك آمنت، ذهب الظمأ، وابتلت العروق، وثبت الأجر إن شاء الله تعالى. يا واسع الفضل اغفر لي، الحمد لله الذي أعانني فصمت، ورزقني فأفطرت

Dan disunnahkannya doa ini, karena tidak ada doa yang ditolak bagi orang yang berpuasa. Sebagaimana hadits Rasulullah berikut:

وسنية الدعاء؛ لأن للصائم دعوة لا ترد، لحديث: «للصائم عند فطره دعوة لاتُرد

4.      Memberi Makanan/Minuman Untuk Buka Puasa

Memberi buka kepada orang yang berpuasa itu termasuk sunnah, walaupun dia memberi hanya sebutir kurma atau seteguk air. Lebih bagusnya untuk memberi makanan buka puasa yang cukup mengenyangkan.  Hal ini berdasarkan hadits rasulullah berikut:

«من فطَّر صائماً كان له مثل أجره، غير أنه لا ينقُص من أجر الصائم شيء»

5.      Menjaga  Lisan dan Anggota Tubuh dari Hal yang tak Berguna

Selain sunnah puasa di atas, ada beberapa adab puasa yang harus kita ketahui. Menjaga lisan dan anggota tubuh dari hal yang tak berguna (walaupun tidak berdosa) juga termasuk dari adab puasa. Kita ketahui bahwa menahan diri dari keharoman seperti ghibah, adu domba dan berdusta itu merupakan kewajiban kita pada setiap waktu.

وقال عليه السلام: من لم يدع قول الزور والعمل به، فليس لله حاجة في أن يدع طعامه وشرابه

عن أبي هريرة مرفوعاً: «إذا كان يوم صوم أحدكم، فلا يرفث ولا يصخب، فإن شاتمه أحد أو قاتله، فليقل: إني صائم» أما في

غير رمضان فيقوله سراً يزجر نفسه بذلك، خوف الرياء

6.      Melakukan Banyak Kebaikan Saat Puasa

Termasuk hal yang dicontohkan rasulullah adalah memperbanyak melakukan kebaikan, seperti silaturahmi, memperbanyak shodaqoh untuk fakir miskin dll. Dalam kitab shahihain disebutkan sebagaimana berikut:

 أنه صلّى الله عليه وسلم كان أجود الناس بالخير، وكان أجود ما يكون في رمضان حين يلقاه جبريل» والحكمة في ذلك تفريغ قلوب الصائمين والقائمين للعبادة بدفع حاجاتهم 

7.      4 Amalan Sunnah Puasa Lainnya

Di dalam kitab Al-fiqhul Islami wa Adillatuhu, bahwa ada beberapa amalan sunnah puasa yang dilakukan oleh Rasulullah saw, yaitu mencari Ilmu, membaca Al-quran, belajar Al-quran, berdzikir dan membaca sholawat kepada nabi Muhammad saw. Sebagaimana diterangkan ulama, hendaknya dilakukan Ketika siang atau pun malam hari.

 «كان جبريل يلقى النبي صلّى الله عليه وسلم في كل ليلة من رمضان، فيدارسه القرآن»

Semoga 10 amalan sunnah puasa di atas, Allah mudahkan kita untuk melakukannya. Walaupun bila kita teliti lebih dalam masih ada juga beberapa sunnah dan adab berpuasa yang juga bisa dilkakukan. Jangan lupa untuk mengamalkannya dengan ikhlas dan sesuai sunnah rasulullah.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *