Umat Islam Soloraya Peduli Palestina, Gladak 13/10/2023

Umat Islam Soloraya Peduli Palestina, Gladak 13/10/2023

 

Mediaalislam.com, Jumat 13 Oktober 2023, pukul 13,00 – selesai.

Siang hari ini, Umat Islam Solo-raya menyampaikan aspirasi sebagai bentuk kepedulian atas apa yang dilakukan oleh Penjajah Zionis kepada saudara-saudara kami di Palestina, khususnya di Jalur Gaza.

Ribuan umat Islam memadati area Bundaran Gladak, Solo berkumpul dengan satu tujuan membela saudara-saudara Muslim di Gaza dan sebagai hujjah di hadapan Allah kelak bahwa Umat Islam Soloraya telah melakukan upaya kepedulian dengan bentuk yang mereka mampu.

Susunan aksi kali ini antara lain:

  • Orasi-orasi yang disampaikan oleh Ulama dan Kiayi yang dibuka dengan orasi dari salah satu sesepuh Umat Islam Soloraya yaitu Ustadz Abu Bakar Ba’asyir.
  • Teatrikal dengan tema pembelaan rakyat Palestina, khususnya anak-anak Gaza yang ditampilkan oleh santri-santri STTD Al-Hikam.
  • Pembacaan Pernyataan Sikap yang diwakili oleh DSKS
  • Doa
  • Sholat Ashar berjamaah di lokasi dengan disertai doa Qunut Nazilah
  • Disambung pelaksanaan Sholat Ghaib.

Berikut ini, nukilan Pernyataan Sikap Umat Islam Solo-raya:

Pernyataan Sikap

Dewan Syariah Kota Surakarta (DSKS)

Terkait Penyerangan Penjajah Zionis Israel terhadap Palestina

Penyerangan brutal serta bombardir penjajah Zionis Israel terhadap wilayah Palestina khusunya Jalur Gaza yang menimbulkan ribuan korban meninggal dan luka-luka, baik wanita anak-anak merupakan tindakan biadab, keji dan tidak berperikemanusiaan.

Bangsa Indonesia memiliki ikatan emosional yang dalam dengan bangsa Palestina karena termasuk negara pertama kali yang mengakui kemerdekaan Indonesia, sangat menentang segala bentuk penjajahan serta tindakan biadab, keji dan tidak berperikemanusiaan tersebut.

Begitu pula sikap tegas Presiden Pertama Republik Indonesia (RI) Soekarno yang menyatakan, selama kemerdekaan bangsa Palestina belum diserahkan kepada orang-orang Palestina, maka selama itu pula bangsa Indonesia berdiri menentang penjajahan Israel.

Karena itu Dewan Syari’ah Kota Surakarta (DSKS) sebagai bagian tidak terpisahkan dari umat Islam di seluruh duniamenyatakan sikap sebagai berikut:

  1. Mengutuk keras tindakan biadab, keji dan tidak berperikemanusiaan tersebut yang sangat bertentangan dengan nilai-nilai kemanusiaan yang universal ditinjau dari sisi manapun;
  2. Meminta kepada Pemerintah Indonesia agar menyatakan sikap tegas atas tragedi tersebut dan lebih melakukan langkah-langkah kongkrit dalam upaya memberikan dukungan terhadap kemerdekaan Palestina yang menjadi amanah konstitusi bahwa segala penjajahan diatas dunia harus dihapuskan;
  3. Menyampaikan dukungan sepenuhnya kepada rakyat Palestina untuk melakukan perlawanan merebut kembali tanah yang telah dirampas oleh penjajah Zionis Israel
  4. Menyerukan kepada seluruh umat Islam untuk memberikan kepeduliannya dengan melakukan shalat ghaib, mendoakan maupun memberikan donasi semaksimal mungkin.

Demikian pernyataan sikap ini kami sampaikan sebagai wujud solidaritas muslim dan kontribusi dalam pembebasan Palestina dari penjajahan Israel, serta sebagai bentuk penghormatan terhadap nilai-nilai kemanusiaan.

Surakarta, 13 Oktober 2023

27 Rabi’ul Awal 1445 H

Ust. Syihabuddin Abdul Muiz Al-Hafidz (Dewan Ri`asah Tanfidziyyah DSKS, Koordinator)

Dr. Mulyanto Abdullah Khoir (Sekretaris Jendral DSKS)

Video Dokumentasi:

Foto-Foto Dokumentasi: 

doc. Pernyataan Sikap Umat Islam Soloraya 

doc. ribuan Umat Islam Soloraya menyampaikan kepedulian mereka kepada Rakyat Palestina

doc. foto dari udara peserta aksi solidaritas Palestina Umat Islam Soloraya

doc. sholat Ashar berjama’ah di lokasi aksi diiringi dengan shalat Ghaib atas Syuhada` Palestina

Tinggalkan komentar